Angka Inflasi CPI Campuran Menandakan Kemungkinan Kenaikan Suku Bunga Lagi di Tahun 2023

Jerome Powell, ketua Federal Reserve AS, pada simposium ekonomi Jackson Hole di Moran, … [+] Wyoming, AS, pada Jumat, 25 Agustus 2023. Powell mengatakan bank sentral AS siap menaikkan suku bunga lebih lanjut jika diperlukan, laporan CPI tidak menghilangkan peluang kenaikan suku bunga lagi pada tahun 2023. Fotografer: David Paul Morris/Bloomberg

© 2023 Bloomberg Keuangan LP

Inflasi Indeks Harga Konsumen selama 12 bulan yang berakhir pada Agustus 2023 meningkat menjadi 3,7% – peningkatan yang terutama didorong oleh kenaikan biaya energi dan jasa terkait. Namun, Federal Reserve lebih memilih untuk menghilangkan biaya pangan dan energi. Dengan metrik ini, inflasi turun menjadi 4,3%, melanjutkan tren disinflasi dalam seri versi ini sejak Maret 2023. Angka tersebut masih jauh di atas target inflasi tahunan The Fed sebesar 2%. Tingkat inflasi bulanan pada bulan Agustus 2023 adalah 0,6% untuk inflasi umum dan 0,3% untuk inflasi makanan dan energi.

The Fed akan mendapat dorongan dari beberapa tren mendasar dalam laporan CPI, seperti berlanjutnya disinflasi pada biaya perumahan. Meskipun demikian, The Fed mungkin masih tergoda untuk mempertimbangkan kenaikan suku bunga lebih lanjut pada tahun 2023, mungkin pada bulan November, untuk menurunkan inflasi ke target 2% lebih cepat. Laporan CPI lainnya dijadwalkan pada 12 Oktober – beberapa minggu sebelum The Fed mengambil keputusan pada pertemuan 1 November. Keputusan The Fed pada tanggal 20 September mendatang sebagian besar diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tetap stabil, baik menurut pernyataan terbaru dari pejabat Fed maupun perkiraan implisit mengenai masa depan suku bunga.

Kenaikan Harga Energi

Biaya energi yang lebih tinggi menyebabkan angka inflasi utama meningkat karena komoditas energi naik lebih dari 10% pada bulan Agustus. Tren ini kemungkinan besar mendorong kenaikan harga untuk kategori-kategori yang boros energi seperti jasa transportasi dan tarif penerbangan. Masih harus dilihat apakah tren ini berlanjut selama sebulan penuh di bulan September. Untuk saat ini, biaya energi secara umum juga meningkat pada bulan September, meskipun kita belum memasuki pertengahan bulan tersebut. Jadi, tren harga bisa berubah.

Disinflasi Harga Rumah

Biaya hunian terus meningkat pada data CPI bulan Agustus, namun lebih lambat dibandingkan sebelumnya. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi The Fed. Namun, tren ini sebagian besar diperkirakan berdasarkan pergerakan harga rumah di masa lalu.

Biaya shelter sangat penting bagi CPI mengingat besarnya bobot yang diterapkan pada kategori ini. Jika tren ini terus berlanjut, hal ini dapat membantu menurunkan inflasi. Namun, biaya tempat tinggal biasanya mengikuti harga rumah dengan jeda. Di sini, The Fed telah menyatakan kekhawatirannya bahwa harga rumah, meskipun mengalami penurunan pada akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023, telah pulih secara agregat sejak musim semi. Jadi, tren positif yang membantu menurunkan inflasi inti ini mungkin tidak akan bertahan lama.

Biaya Layanan

Data keseluruhan harga jasa dalam angka CPI bulan Agustus akan menimbulkan kekhawatiran bagi The Fed. Banyak kategori yang bergejolak dari bulan ke bulan, namun harga layanan medis dan transportasi mengalami kenaikan dibandingkan beberapa bulan terakhir. The Fed memantau kategori ini dengan cermat dan data bulan terakhir ini tidak menunjukkan banyak disinflasi, meskipun bulan-bulan sebelumnya lebih menggembirakan.

Pertemuan Fed yang akan datang

The Fed sebagian besar telah mengesampingkan kenaikan suku bunga pada keputusan berikutnya pada tanggal 20 September. Namun kenaikan suku bunga pada tanggal 1 November masih dalam pertimbangan, dengan pasar obligasi menilai peluangnya hampir 40%.

Angka-angka CPI bulan Agustus menunjukkan bahwa inflasi akan membutuhkan waktu untuk kembali ke target The Fed sebesar 2%. Masih harus dilihat seberapa besar kesabaran yang dimiliki The Fed terhadap hal ini. Saat ini The Fed mungkin harus mempertimbangkan risiko dari potensi melemahnya pasar tenaga kerja terhadap upaya melawan inflasi, yang dapat semakin memperumit keputusannya.

Source link

Pola Slot Gacor Terbaru


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *